Loading...
Loading...

Erabaru.net. Seperti kita semua tahu, kehamilan adalah salah satu periode kehidupan wanita yang paling menggembirakan. Sejak seorang wanita berpikir untuk hamil, ia akan mengimpikan kehamilan yang berjalan mulus dan tanpa cacat.

Namun, tidak semua wanita diberkati untuk menjalani kehamilan yang lancar. Ada sejumlah kondisi medis yang dapat mempengaruhi masa kehamilan, salah satu yang paling umum terjadi adalah diabetes gestasional (diabetes pada masa kehamilan).

Diabetes gestasional dapat tetap terkendali bila wanita hamil mempertahankan gaya hidup yang baik.

Diabetes gestasional biasanya hilang setelah anak lahir dan plasenta telah dilepas.

Hal lain yang perlu diketahui mengenai diabetes gestasional.

1. Gejala sering terabaikan

Sebagian besar gejala diabetes gestasional adalah sangat umum dan terlihat pada kebanyakan wanita hamil. Ini seperti kelelahan, rasa haus meningkat, mual dan muntah, sehingga wanita hamil tidak menyadari ia menderita diabetes gestasional yang berisiko untuk ibu dan anak.

2. Diagnosis

Karena gejalanya sangat tidak jelas, diagnosis yang tepat adalah bagian yang sangat penting dalam pengobatan diabetes gestasional.

Jadi, jika wanita hamil memiliki kadar glukosa darah tinggi pada uji sebelum melahirkan, maka perlu dilakukan sejumlah uji klinis untuk memastikan keamanan ibu dan anak.

3. Bayi lebih berat

Karena kadar glukosa yang lebih tinggi di dalam tubuh ibu, maka bayi akan menyerap kadar glukosa yang lebih tinggi sehingga bayi menjadi besar. Kondisi ini dikenal sebagai makrosomia. Di kemudian hari, bayi tersebut sering menderita kelebihan berat badan.

4. Perubahan gaya hidup

Jika wanita hamil makan buah dan sayuran yang tepat, kemungkinan besar ia tidak akan menghadapi masalah dalam persalinan dan bayinya akan benar-benar aman dan sehat. Penderita diabetes gestasional tidak boleh minum alkohol dan merokok. Olahraga ringan secara teratur juga dianjurkan.

5.Tidak semua kasus diabetes gestasional membutuhkan insulin

Penderita diabetes gestasional sering mendapat dosis rendah insulin (dapat sampai empat kali sehari). Karena suntikan sangat menyakitkan, kebanyakan wanita memilih minum obat yang mengandung insulin.

6.Bayi butuh perawatan khusus

Di rahim ibu, mereka juga mengalami kesulitan menjaga gula darah tetap stabil. Jenis anak-anak ini sering terlihat membutuhkan susu formula dan ada kemungkinan lebih tinggi dari mereka yang perlu dipindahkan ke NICU pasca kelahiran.

Loading...

7. Kelahiran cacat

Jika perawatan yang tepat tidak dilakukan, dan kadar gula darah pada ibu tidak diawasi, kemungkinan bayi lahir dengan cacat lahir adalah sangat tinggi dalam kasus penderita diabetes gestasional. Cacat lahir meliputi kerusakan ginjal, bibir sumbing dan bahkan anomali otak.

8. Penambahan berat badan

Meskipun diabetes gestasional biasanya terlihat pada wanita penderita obesitas sebelum hamil, hal ini juga umum terjadi pada wanita yang mengalami kenaikan berat badan yang terlalu banyak pada masa kehamilan. Jadi, salah satu cara untuk tetap mencegah terjadinya diabetes gestasional adalah dengan tetap menjaga berat badan.

9. Wanita lebih berisiko

Diabetes gestasional lebih sering pada wanita yang memiliki riwayat keluarga daripada tidak. Wanita yang telah didiagnosis menderita diabetes gestasional pada kehamilannya akan cenderung menderita diabetes gestasional pada kehamilannya yang akan datang.

10. Diangnosis pertengahan

Fakta penting lainnya tentang diabetes gestasional adalah diabetes gestasional tidak dapat didiagnosis sejak dini selama kehamilan. Biasanya, gejala pertama muncul menjelang akhir trimester pertama kehamilan dan hanya sekitar minggu ke-24 kehamilan untuk memastikan wanita hamil menderita diabetes gestasional.

11. Pengobatan untuk bayi yang baru lahir

Anak yang dilahirkan oleh penderita diabetes gestasional sering memiliki kadar gula darah yang rendah dan sering mengalami penundaan perkembangan saraf di masa depan.

Satu-satunya cara untuk mengendalikannya adalah mulai memberi glukosa intravena kepada bayi segera setelah bayi lahir. Dengan memantau asupan glukosa pada bayi baru lahir, masa depan yang sehat dapat dipastikan untuknya.

12.Tetap berpikir positif

Penting untuk dicatat bahwa tetap berpikir positif saat menderita diabetes gestasional dapat menghasilkan keajaiban. Efek kadar gula darah pada anak yang belum lahir bersifat psikologis dan itulah sebabnya mengapa bersikap optimis jauh lebih penting.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

The post Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Diabetes Gestasional appeared first on Erabaru.

Klik Jempol Di atas yaa… Otomatis Berteman dgn Saya….
dan TOLONG Bantu Bagikan ke Facebook ……

Loading...