BERBAGI

Pesan khusus untuk ibu-ibu mengandung

Masih ingat dengan bayi yang bernama Adam Fabumi yang mengidap 13 penyakit berbahaya dan meninggal dunia.

Belum satu tahun genap umurnya sudah meninggal dunia.

Kali ini orangtua Adam muncul untuk memberi pesan ini kepada para ibu yang sedang mengandung terkait penyakit yang diderita Adam.

Agar penyakit yang diderita Adam Fabumi tak terulang lagi pada bayi lainnya.

” Penyakit ini lumayan langka dan bisa terjadi kepada siapapun. Kalau menurut dokter, pembelahan sel kromosom terjadi secara spontan. Jadi ini bukan genetik,” tutur ibunda Adam, Ratih Megasari ketika ditemui di kawasan Tendean.

Mengutip parenting.dream.co.id, kelainan kromosom pada kasus Tristomy biasanya terdapat pada kromosom 13, 18 dan 21. Pada kasus Adam, kromosom 13 memiliki kelebihan sebanyak 3 kromosom. Kondisi ini sebenarnya bisa terdeteksi sejak usia janin masih muda.

” Pelajaran buat para ibu, segera lakukan NIPT (Non-Invasive Prenatal Test) di usia janin 8-12 minggu. Ini untuk mengetahui adanya kelainan pada kromosom atau tidak,” ungkap Ratih.

Apabila terdapat kelainan, setidaknya ada dua hal yang harus disiapkan sejak awal, yakni mental dan biaya. Menurut Ratih, bayi dengan kondisi Trisomy akan sangat lemah ketika dilahirkan.

Kondisi itu mengharuskan si bayi untuk menghabiskan waktu di ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Hal ini tentunya memakan banyak biaya. Ratih juga menyarankan untuk segera
mencari dokter spesialis karena akan ada banyak organ lainnya yang melemah akibat Trisomy.

” Yang penting cari support group. Kita gak berjuang sendirian. Bagaimanapun kondisi janin harus dipertahankan karena ia titipan dari Allah,” Ratih menambahkan.

Saat ini, support group untuk kasus Trisomy 13 dan 18 tersedia lewat Adam Fabumi Foundation (AFF). Ratih dan suaminya kerap kali melakukan penggalangan dana guna membantu

anak-anak dengan kondisi spesial.

” Bagi yang butuh ventilator, kita akan pinjamkan barang yang dipakai sama Adam dulu. Gratis, plus teknisi juga untuk wilayah Jabodetabek. Saat ini sudah ada yang booking, tapi masih nunggu anaknya pulang dari NICU dulu,” jelasnya.

Semoga pesan yang disampaikan oleh orangtua Adam Fabumi bisa bermanfaat bagi para orngtua khususnya ibu-ibu hamil. Agar penyakit yang diderita Adam tak terulang kembali pada bayi lainnya.

Klik Jempol Di atas yaa… Otomatis Berteman dgn Saya….
dan TOLONG Bantu Bagikan ke Facebook ……

Loading...