Loading...
Loading...

Erabaru.net. Dibudidayakan di seluruh kawasan dunia, alpukat memiliki nilai komersial yang tinggi. Kulitnya yang hijau terang dengan tubuh berdaging yang hampir menyerupai buah pir memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar.

Ini adalah salah satu buah sehat yang bisa dimakan semua orang. Jika Anda mengonsumsi satu buah alpukat dalam seminggu, maka itu akan meningkatkan kesehatan kulit Anda, meningkatkan sirkulasi darah dan juga membantu menjaga keseimbangan antara hormon.

Selain itu, dalam daftar makanan untuk menurunkan berat badan, alpukat jatuh di tempat ke-10. Dengan olahraga dan diet yang tepat, makan alpukat memang bisa membantu menurunkan berat badan ekstra dari tubuh.

Ini adalah buah yang sederhana, tetapi rahasianya terletak pada minyaknya. Minyak dari alpukat mengandung hampir 77% dari seluruh komposisi kalori alpukat.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari minyak alpukat:

1. Mengandung sejumlah asam oleat yang baik

Minyak alpukat adalah sumber asam oleat tak jenuh berantai tunggal. Sama seperti minyak zaitun, minyak alpukat dapat digunakan sebagai salad dressing dan memasak.

Penelitian menunjukkan bahwa asam oleat mengandung beberapa manfaat kesehatan seperti mencegah bertambah parahnya penyakit auto-imun, menurunkan potensi risiko kanker, menyembuhkan luka, mempercepat proses regenerasi sel, mengurangi peradangan baik di dalam maupun di luar tubuh, serta menyerang dan membasmi infeksi mikroba.

Selain itu, asam oleat sangat tahan terhadap oksidasi, yang berarti tidak cepat tengik bila disimpan untuk waktu yang lama bila dibandingkan dengan minyak lain.

Minyak alpukat dapat digunakan untuk menumis karena minyak alpukat adalah stabil pada suhu tinggi, sehingga tidak mengurangi manfaat kesehatan dari minyak alpukat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Minyak alpukat kaya akan kolesterol beta-sitosterol, yaitu lemak sehat, sehingga sedikit menyebabkan kerusakan pada sel.

Minyak alpukat bersifat anti-peradangan, melindungi dinding arteri dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan plak. Selain itu, sedikitnya jumlah peradangan akan menstabilkan tekanan darah.

3. Kaya akan vitamin E

Minyak alpukat kaya akan vitamin E, yang bermanfaat meningkatkan kesehatan mata dan kulit serta mencegah terjadinya kerusakan oksidatif pada sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin E yang larut dalam lemak ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempertajam daya ingat dan ketajaman mental serta meningkatkan efisiensi saluran pencernaan.

4. Meningkatkan fungsi sistem pencernaan

Minyak alpukat dapat mengobati masalah sistem pencernaan yang sudah lama berlangsung. Menambahkan minyak alpukat ke makanan sehari-hari akan mengurangi kembung, mulas, pembentukan gas, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak alpukat mempermudah proses pencernaan makanan. Namun, bukan berarti dimakan dalam satu hari akan langsung sembuh.

Anda perlu makan minyak alpukat secara teratur untuk merasakan manfaatnya, salah satunya adalah berkurangnya berat badan.

5. Membakar timbunan lemak

Minyak alpukat bermanfaat untuk menurunkan berat badan melalui proses alami.

Kandungan kadar asam oleat yang banyak dalam minyak alpukat dapat membakar lemak yang tersimpan saat dimakan, disertai dengan olahraga dan diet yang tepat.

Minyak alpukat yang sangat bergizi akan memberi rasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Selain itu, kandungaan asam lemak esensial dan vitamin dalam alpukat dapat memperbaiki pencernaan dan tubuh menerima energi dalam jumlah cukup untuk melakukan aktivitas fisik.

Anda dapat menggunakan minyak alpukat untuk memasak atau salad dressing bersama dengan cuka dan sayuran.

Loading...

6. Bertindak sebagai agen detoksifikasi

Minyak alpukat membantu memurnikan tubuh dengan cara mengeluarkan racun yang berbahaya.

Minyak alpukat adalah sumber alami magnesium yang super sehat yang dikenal sebagai klorofil.

Kandungan klorofil bermanfaat untuk menghilangkan logam berat seperti timbal dan merkuri dari otak, hati, ginjal, dan organ tubuh lainnya.

Ketika molekul klorofil bersentuhan dengan tubuh manusia, molekul klorofil akan melepaskan ion magnesium karena lingkungan asam pada tubuh.

Ketika molekul klorofil ini membentuk ikatan, maka ikatan tersebut akan mencegah racun tetap berada di organ dan mengeluarkannya melalui usus.

Anda dapat menambahkan minyak alpukat dan ketumbar dalam salad guna mengeluarkan racun dari tubuh.

7. Memberi kulit yang sehat

Jika Anda menginginkan kulit tanpa cela dan bercahaya, maka yang terbaik adalah menggunakan minyak alpukat.

Kandungan mineral dan vitamin dalam minyak alpukat memberi nutrisi pada tubuh dari dalam, dan efeknya tercermin dalam cahaya kulit. Menggunakan minyak alpukat sebagai pelembab kulit setiap hari akan menghasilkan sel yang lebih kuat.

Minyak alpukat kaya akan nutrisi kulit seperti kalium, lesitin, dan vitamin E. Minyak alpukat mudah diserap oleh lapisan luar kulit dan secara perlahan masuk ke dalam dermis dan membuat pertumbuhan sel baru dan dengan demikian melindungi sel.

8. Mempercepat pertumbuhan rambut

Rambut rontok, patah dan rusak seringkali merupakan masalah tertentu yang dihadapi banyak orang saat ini. Minyak alpukat terbukti bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Kandungan kalium, lesitin, dan vitamin E dalam minyak kelapa memberi nutrisi pada rambut. Dalam seminggu, setelah mencuci bersih rambut dengan air, oleskan beberapa tetes minyak alpukat pada kulit kepala dan pijat dengan lembut.

Anda dapat mencampur minyak alpukat dengan minyak esensial dan mengoleskannya pada kulit kepala. Dengan pemakaian yang teratur, struktur dan tampilan rambut akan membaik, dan rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Seiring berjalannya waktu, anda akan melihat pertumbuhan rambut baru.

9. Mengurangi peradangan dan rasa gatal

Minyak alpukat dapat menjadi obat untuk gatal dan pembengkakan yang disebabkan oleh sengatan sinar Matahari, gigitan serangga, ketombe, eksim, psoriasis, tumit retak, dan keratosis pilaris (permukaan kulit menjadi kering, kasar dan timbul benjolan seperti jerawat).

Bila mengoleskan minyak alpukat yang mengandung asam oleat tak jenuh rantai tunggal pada daerah yang terkena, dapat meredakan masalah. Karena konsistensinya yang kental, minyak alpukat berada di epidermis untuk waktu yang lebih lama.

Tetapi sebelum mengoleskan pada daerah yang terkena, Anda dapat mengoleskan satu atau dua tetes minyak alpukat untuk memeriksa apakah anda alergi terhadap minyak alpukat atau tidak.

10. Mempercepat proses penyembuhan luka

Sekarang lupakan losion antiseptik. Beralihlah untuk mengoles minyak alpukat pada luka supaya sembuh lebih cepat.

Bersihkan area yang terkena dan tambahkan dua tetes minyak alpukat di atasnya. Menerapkannya setiap hari, dan segera luka Anda akan pulih, dan akan ada kemungkinan luka yang lebih sedikit pada kulit.

Jadi, ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari minyak alpukat. Menggunakan minyak asam lemak tak jenuh tunggal ini dapat meningkatkan kulit dan kesehatan Anda dari dalam dan luar, dan memberi Anda kesehatan yang baik bersama dengan pencernaan yang tepat.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

The post 10 Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan appeared first on Erabaru.

Klik Jempol Di atas yaa… Otomatis Berteman dgn Saya….
dan TOLONG Bantu Bagikan ke Facebook ……

Loading...